Penyakit Ginjal Kronis (PGK)

Penyakit Ginjal Kronis (PGK)


Apakah Penyakit Ginjal Kronis (PGK)?

Penyakit ginjal kronis termasuk kondisi yang merusak ginjal dan menurunkan kemampuan mereka untuk membuat Anda tetap sehat dengan melakukan pekerjaan yang terdaftar. Jika penyakit ginjal memburuk, limbah dapat membangun tingkat tinggi dalam darah Anda dan membuat Anda merasa sakit. Anda dapat mengembangkan komplikasi seperti tekanan darah tinggi, anemia (jumlah darah rendah), tulang lemah, kesehatan gizi buruk dan kerusakan saraf. Juga, penyakit ginjal meningkatkan risiko Anda memiliki jantung dan pembuluh darah. Masalah-masalah ini dapat terjadi perlahan-lahan selama jangka waktu yang panjang. Penyakit ginjal kronis dapat disebabkan oleh diabetes, tekanan darah tinggi dan gangguan lainnya. Deteksi dan pengobatan dini sering dapat menjaga penyakit ginjal kronis dari semakin buruk. Ketika penyakit ginjal berlangsung, mungkin pada akhirnya menyebabkan gagal ginjal, yang memerlukan dialisis atau transplantasi ginjal untuk mempertahankan hidup.

Fakta Tentang Penyakit Ginjal Kronis (PGK)

  • 26 juta orang dewasa Amerika memiliki PGK dan jutaan orang lain akan meningkatkan risiko.
  • Deteksi dini dapat membantu mencegah perkembangan penyakit ginjal gagal ginjal.
  • Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian bagi semua orang dengan PGK.
  • Glomerular Filtration Rate (GFR) adalah estimasi terbaik dari fungsi ginjal.
  • Hipertensi menyebabkan PGK dan PGK menyebabkan hipertensi.
  • Proteinuria persisten (protein dalam urin) berarti PGK hadir.
  • Kelompok risiko tinggi termasuk orang-orang dengan diabetes, hipertensi dan riwayat keluarga gagal ginjal.
  • Afrika Amerika, Hispanik, Kepulauan Pasifik, Indian Amerika dan Usia berada pada peningkatan risiko.
  • Dua tes sederhana dapat mendeteksi PGK: tekanan darah, albumin urin dan kreatinin serum.

Apa yang menyebabkan PGK?

Dua penyebab utama penyakit ginjal kronis diabetes dan tekanan darah tinggi, yang bertanggung jawab sampai dua-pertiga kasus. Diabetes terjadi ketika gula darah Anda terlalu tinggi, menyebabkan kerusakan banyak organ dalam tubuh Anda, termasuk ginjal dan jantung, serta pembuluh darah, saraf dan mata. Tekanan darah tinggi, atau hipertensi, terjadi ketika tekanan darah Anda terhadap dinding pembuluh darah Anda meningkat. Jika tidak terkendali, atau kurang terkontrol, tekanan darah tinggi bisa menjadi penyebab utama serangan jantung, stroke dan penyakit ginjal kronis. Juga, penyakit ginjal kronis dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Kondisi lain yang mempengaruhi ginjal adalah:
  • Glomerulonefritis, sekelompok penyakit yang menyebabkan peradangan dan kerusakan pada unit penyaringan ginjal. Gangguan ini adalah jenis yang paling umum ketiga penyakit ginjal.
  • Penyakit warisan, seperti penyakit ginjal polikistik, yang menyebabkan kista besar terbentuk di ginjal dan merusak jaringan di sekitarnya.
  • Malformasi yang terjadi sebagai bayi berkembang di dalam rahim ibunya. Misalnya, penyempitan dapat terjadi yang mencegah aliran normal urin dan menyebabkan urine mengalir kembali ke ginjal. Hal ini menyebabkan infeksi dan dapat merusak ginjal.
  • Lupus dan penyakit lain yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.
  • Hambatan yang disebabkan oleh masalah seperti batu ginjal, tumor atau pembesaran kelenjar prostat pada pria.
  • Infeksi saluran kencing berulang.
Apa saja gejala PGK?

Kebanyakan orang mungkin tidak memiliki gejala yang parah sampai penyakit ginjal mereka maju. Namun, Anda mungkin melihat bahwa Anda:

1. Merasa lebih lelah dan memiliki lebih sedikit energi
2. Memiliki kesulitan berkonsentrasi
3. Memiliki nafsu makan yang buruk
4. Mengalami kesulitan tidur
5. Memiliki otot kram di malam hari
6. Memiliki kaki bengkak dan pergelangan kaki
7. Memiliki bengkak di sekitar mata Anda, terutama di pagi hari
8. Memiliki kering, kulit gatal
9. Merasa tidak nyaman bernafas
10. Perlu buang air kecil lebih sering, terutama pada malam hari.

Siapapun bisa mendapatkan penyakit ginjal kronis pada usia berapa pun. Namun, beberapa orang lebih mungkin daripada yang lain untuk mengembangkan penyakit ginjal. Anda mungkin memiliki peningkatan risiko untuk penyakit ginjal jika Anda:

  -Memiliki diabetes
  -Memiliki tekanan darah tinggi
  -Memiliki riwayat keluarga gagal ginjal
  -Lebih tua
  -Milik kelompok populasi yang memiliki tingkat tinggi diabetes atau tekanan darah tinggi, seperti Afrika Amerika, Hispanik Amerika, Asia, Kepulauan Pasifik, dan Indian Amerika.

Selengkapnya Tentang Glomerular Filtration Rate (GFR)
Laju filtrasi glomerulus GFR-adalah tes terbaik untuk mengukur tingkat fungsi ginjal dan menentukan stadium penyakit ginjal Anda. Dokter Anda dapat menghitung dari hasil tes kreatinin darah, usia, ras, jenis kelamin, dan faktor-faktor lainnya.

Penyakit ginjal sebelumnya terdeteksi, semakin baik kesempatan memperlambat atau menghentikan perkembangannya.
Apa yang terjadi jika hasil tes saya menunjukkan saya mungkin memiliki penyakit ginjal kronis?

Dokter Anda akan menentukan diagnosis dan periksa fungsi ginjal Anda untuk membantu merencanakan perawatan Anda. Dokter mungkin melakukan hal berikut:

  • Hitung Glomerular Filtration Rate (GFR), yang merupakan cara terbaik untuk mengetahui berapa banyak fungsi ginjal yang Anda miliki. 
  • Anda tidak perlu melakukan tes lain untuk mengetahui GFR Anda. 
  • Dokter Anda dapat menghitung dari kreatinin darah Anda, usia Anda, ras, jenis kelamin, dan faktor-faktor lainnya. 
  • GFR Anda memberitahu dokter Anda tahap Anda penyakit ginjal dan membantu dokter merencanakan perawatan Anda.
  • Lakukan USG atau CT scan untuk mendapatkan gambaran dari ginjal dan saluran kemih. 
  • Ini memberitahu dokter apakah ginjal Anda terlalu besar atau terlalu kecil, apakah Anda memiliki masalah seperti batu ginjal atau tumor dan apakah ada masalah dalam struktur ginjal dan saluran kemih.
  • Melakukan biopsi ginjal, yang dilakukan dalam beberapa kasus untuk memeriksa jenis tertentu penyakit ginjal, melihat berapa banyak kerusakan ginjal telah terjadi dan membantu rencana pengobatan. 
  • Untuk melakukan biopsi, dokter mengangkat potongan-potongan kecil jaringan ginjal dan melihat mereka di bawah mikroskop.

Dokter Anda mungkin juga meminta Anda untuk melihat spesialis ginjal yang akan berkonsultasi pada kasus Anda dan membantu mengelola perawatan Anda. Di sini saya akan merawat anda dengan tahap lanjut yang mana saya akan merekomendasikan obat herbal yang harus anda konsumsi karna ini dijamin manjur dan menjauhkan anda dari oprasi maupun memberantas kekayaan anda caranya hanya Di pemaparan saya silakan DM admin

0 Response to "Penyakit Ginjal Kronis (PGK)"

Posting Komentar