Cara Pijat Bayi

Cara Memijat Bayi Aman Dan Mudah

Ketika anda menjalin hubungan yang sangat erat dengan suami anda dan di saat tahun mendatang anda telah di karuniai oleh allah seorang anak yang harus anda jaga dan anda usurus/didik hingga besar kelak. Begitu bayi lahir, salah satu cara terbaik untuk menjalani hubungan anda dengan bayi adalah dengan cara pijat bayi secara rutin yang akan membantu dia mernggangkan otot-ototnya. Lakukanlah pemijatan saat memandikanya pada pagi,siang dan sore apa bila sang bayi sudah 3 minggu , tapi belum saatnya untuk di pijat lebih baik jangan dan apa bila sang bayi sudah berumur 3 minggu lebih,anda boleh memijatnya supaya otot-otot sang bayi bejalan normal Dan anda di saat memijat bisa putar musik yang lembut dan sama setiap kali berturut-turut sang bayi akan mengaitkan suara musik dengan relaksasi pemijatan yang anda lakukan setiap memijat-nya jadi sang bayi akan terbiasa dengan sentuhan lembut anda.


Tujuan Memijat Bayi Ialah :

  • Pernyataan kasih sayang Saat bayi merasakan di pijat, dia akan merasakan kelembutan tangan serta cinta kasih dari Bunda, rasa kasih sayang adalah hal yang terpenting untuk pertumbuhan bayi, karena Bayi bisa merasakan bagaimana sentuhan hangat belaian tangan orang tua yang begitu menyayanginya.
  • Menguatkan otot bayi pijatan yang diberikan oleh sang ibu sangat bermanfaat untuk menguatkan otot-otot bayi. 3. Membuat bayi lebih sehat Manfaat pijat bayi juga sangat baik untuk memperlancar peredaran darah, dapat membantu memperbaiki pernafasan bayi, serta dapat membantu proses pencernaan, bahkan pijat bayi sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh bayi .
  • Membantu pertumbuhan dari beberapa penelitian menjelaskan, berat badan serta tumbuh kembang bayi akan lebih baik dengan pijat bayi. bahkan bagi bayi yang premature, sangat berguna karena dapat menambah berat badan bayi hingga 49% dibandingkan dengan bayi premature yang tidak dipijat.
  • Meningkatkan kesanggupan belajar Pijat bayi dapat merangsang indra pendengaran. indra penglihatan, dan indra peraba sang bayi. bahkan dapat meningkatkan daya ingat bayi, sehingga akan lebih mudah untuk kesanggupan belajar bayi secara cepat nanti.
Untuk Tips Pemijatan Bayi
 

Anda bisa maletakkan bayi di atas sebuah selimut di antara kedua tungkai kaki Anda. Jika dirasa tidak nyaman, letakkan dia di pangkuan Anda. Pastikan dia merasa hangat atau anda bisa meletakanya di meja tempat yang tinggi, dan gunakan minyak murni dan lembut untuk melancarkan gerakan pemijatan Anda. Beberapa tips untuk memulai (mohon dicatat: lakukan pijatan dengan sifat perlahan-lahan dan dengan lembut namun mantap). 

Peregangan
Sementara bayi telentang, pegang kedua kaki dan lututnya bersama-sama dan tempelkan lutut sampai perutnya. (Peringatan: Gerakan ini bisa membuat membuang gas). Selain itu, pegang kedua kaki dan lututnya dan putar dengan gerakan melingkar, ke kiri dan ke kanan, untuk melemaskan pinggulnya. Ini juga membuat menyembuhkan sakit perut.

Cara Pijat Kaki Bayi
Pegang kedua kaki bayi dengan satu tangan dan tepuk-tepuk sepanjang tungkainya dengan tangan yang lain. Usap turun naik dari jari-jari kakinya sampai ke pinggul kemudian kembali. Kemudian, pijat telapak kakinya dan tarik setiap jari-jemarinya. Gunakan jempol Anda untuk mengusap bagian bawah kakinya mulai dari tumit sampai ke kaki dan pijat di sekeliling pergelangan kakinya dengan pijatan-pijatan kecil melingkar.



Cara Pijat Perut Bayi
Gunakan ujung jari tangan Anda, buat pijatan-pijatan kecil melingkar. Gunakan pijatan bentuk lingkaran. Gunakan 3 atau 4 jari antara jari jempol/ibu jari dan jari telunjuk anda, yang membentuk huruf lingkaran
putarkan jari ibu anda di atas perut bayi dan gunakan pemijatan melingkar dan dengan di dasari kelembutan supaya sang bayi nyaman apabila sedang di pijit.





Cara Pijat Lengan Bayi
Pegang pergelangan tangan bayi dengan satu tangan dan tepuk-tepuk sepanjang lengannya dengan tangaa yang lain. Pijat turun naik mulai dari ujung sampai ke pangkal lengan, kemudian pijat telapak tangannya dan tekan, lalu tarik setiap jari. Ulangi pada lengan yang lain.






Cara Pijat Punggung Bayi dan pantatnya
Telungkupkan bayi di atas lantai atai di atas kedua kaki Anda dan gerak-gerakan kedua tangan Anda naik turun mulai dari atas punggungnya sampai ke pantatnya. Lakukan pijatan dengan membentuk lingkaran kecil di sepanjang tulang punggungnya. Lengkungkan jari-jemari Anda seperti sebuah garu dan garuk punggungnya ke arah bawah.



Cara Pijat di Kepala dan Wajah Bayi
Angkat bagian belakang kepalanya dengan kedua tangan Anda dan usap-usap kulit kepalanya dengan ujung jari Anda. Kemudian, gosok-gosok daun telingannya dan usap-usap alis matanya seperti melingkar angka 8 (delapan), kedua kelopak matanya yang tertutup, dan mulai dari puncak tulang hidungnnya menyeberang ke kedua pipinya. Pijat dagunya dengan membuat lingkaran-lingkaran kecil.


Bayi juga menginginkan sebuah ungkapan rasa kasih sayang dari orang tua, cara yang baik untuk mengungkapkannya adalah dengan cara pijat bayi. banyak manfaat yang akan didapatkan dari pijat bayi, jika dilakukan secara benar dan baik. Kalau begitu cukup sekian semoga artikel/pemaparan yang saya sampaikan sangat bermanfaat bagi anda yang sudah dikaruniai seorang anak.



0 Response to "Cara Pijat Bayi"

Posting Komentar