Cara Alami Nafsu Makan

Cara Alami Nafsu Makan


(Penjelasan)

Hilangnya nafsu makan, atau nafsu makan yang menurun, biasanya merupakan sebuah gejala dari masalah lain yang lebih mendasar seperti penyakit, kondisi psikologis tertentu, pola hidup, ataupun karena faktor usia. Banyak hal yang bisa menjadi penyebab turunnya nafsu makan seseorang. Sebut saja ketika sedang mengkonsumsi obat/dalam pengobatan, kondisi emosional seperti depresi atau kecemasan berlebih, hingga merokok atau mengkonsumsi alkohol itu mangakibatkan pola makan kita kurang.


Cara Menambah Nafsu Makan  merupakan hal yang sangat penting bagi kita, karena sumber energi yang ada pada tubuh kita ialah berasal dari makanan. Energi yang ada di dalam tubuh kita ini timbul karena terjadi pembakaran karbohidrat, ptotein dan lemak. Maka dari itu, perlu ada pemasukan zat-zat makanan yang cukup kedalam tubuh kita supaya energi kita terpenuhi. Akan tetapi, ada sebagian dari kita yang kadang bisa saja tidak memiliki selera atau nafsu makan.

Kurangnya selera atau nafsu makan juga dapat berakibat berkurangnya berat badan kita. Adapun penyebab kurangnya selera makan yakni antara lain karena demam infus, peradangan, influenza, serta malaria, bad mood, jenis makanan yang tersedia, dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi kurangnya selera atau nafsu makan, anda bisa mengkonsumsi suplement vitamin sebagai peningkat nafsu makan, namun alangkah baiknya bila kita menggunakan cara-cara yang alami serta tips dari kami. Di bawah ini, kami akan memberikan tips cara menambah nafsu makan.

Beberapa orang di dunia ini mengalami adanya tidak adanya nafsu makan terutama anak-anak. Hal ini tentu berbahaya, kurangnya nafsu makan dapat menyebabkan seorang anak kekurangan gizi, menurunkan energy, bahkan dapat terjangkit beberapa penyakit. Ada beberapa tips dalam menambah makanan secara alami :

  


Menambah Nafsu dan Selera Makan Secara Alami

1. Jika Anda sudah kehilangan nafsu makan selama lebih dari dua minggu, cobalah menambah asupan makanan yang kaya besi, magnesium dan kalium. Selain itu, Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B dan C setiap hari. Vitamin ini tidak bisa disimpan dalam jangka waktu lama dalam tubuh dan perlu diperbarui secara teratur.

Suguhlah makanan yang lebih atraktif dan lebih beraroma dari biasanya. Hal ini dapat menambah selera makan anda sehingga dapat memperbaiki nafsu makan yang menurun. Makanan yang “sedap” di mata dan di hidung tentu akan menggugah selera siapa saja. Mintalah anggota keluarga untuk menyajikan makanan favorit anda. Cobalah hindari minum sebelum atapun saat sedang makan, karena minum dapat membuat anda merasa kenyang lebih cepat.

2.Cobalah mengonsumsi lima hingga enam makanan porsi kecil. Porsi kecil akan membuat Anda tidak terlalu bosan. Selain itu, pastikan makanan tersebut terdiri dari karbohidrat kompleks, seperti pasta, roti, kentang, nasi dan mie. Jika memungkinkan, pastikan Anda sarapan, meskipun hanya smoothie atau sepotong buah seperti pisang. Ini merupakan langkah awal yang baik dan menyediakan energi yang Anda perlukan untuk menghadapi hari.

Nafsu makan juga dapat distimulasi melalui bumbu atau herbal seperti daun jahe, gingseng (tidak baik bagi penderita tekanan darah tinggi), daun pepaya, dandelion, jeruk atau lemon, daun peppermint, temulawak, hingga daun alfalfa.

3. Daun alfalfa. Sistem pengobatan tradisional China menggunakan daun alfalfa untuk mengatasi gangguan pencernaan dan selera makan buruk. Alfalfa bisa digunakan dalam bentuk biji atau suplemen herbal.
Konsumsilah multivitamin untuk menggantikan nutrisi yang hilang selama nafsu makan anda sedang turun. Asupan vitamin B juga baik untuk merangsang nafsu makan anda. Begitu pula dengan asupan zinc dan copper (tembaga) yang dapat membantu ‘mempertajam’ indera perasa anda. Sebaiknya gunakan multivitamin setelah berkonsultasi atau mendapat izin dari dokter anda.


4.Berolahraga, walaupun ringan, dapat meningkatkan nafsu makan secara efektif. Jalan santai, bersepeda, berenang, hingga yoga dapat menimbulkan rasa lapar tanpa membakar kalori secara berlebihan. Olahraga akan membantu penyerapan nutrisi dari makanan dan memancing rasa lapar anda, sehingga akan meningkatkan nafsu makan anda secara pasti.
Dan hindari minumam bersoda dan bergula, teh serta kopi. Selain itu, cobalah menghindari makanan bergula dan makanan olahan. Pasalnya, makanan ini kurang nutrisi dan menekan selera makan.


5.Atur polamakan anda dengan sebaik mungkin agar dapat brfungsi baik bagi tubuh kita ....dan dapat di cerna dengan mudah oleh usus kita ...


Begitulah Cara Alami Nafsu Makan bila ada salah mohon komentari artikel ini .. !!! ok mudahkan

0 Response to "Cara Alami Nafsu Makan"

Posting Komentar